close

HOME // Agenda // Banom

LAKPESDAM PCNU Kab. Mojokerto Bangun Sarana MCK Umum

   Pada: Mei 18, 2020

Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) PCNU Kab. Mojokerto, bekerjasama dengan Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah (BTPNS) memberikan bantuan berupa sarana kamar mandi dan WC umum untuk masyarakat pada 4 titik desa di Kabupaten Mojokerto.

Penanggung jawab program sekaligus wakil ketua PC. Lakpesdam NU Kab. Mojokerto, M. Aqib Makrufin menjelaskan bahwa penentuan lokasi tersebut telah melalui proses observasi dan juga verifikasi. Ke-empat desa tersebut adalah : Desa Wiyu Kec. Pacet, Desa Kedunggede Kec. Dlanggu, Desa Kepuhpandak Kec. Kutorejo, dan Desa Lakardowo Kec. Jetis.

Pembagunan sarana MCK ini juga sekaligus sebagai upaya NU dan juga BTPNS untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat. Ketua PC Lakpesdam NU, Mi’rojul Huda menjelaskan “Program tepat peduli ini menjadikan semangat kami sebagai salah satu upaya untuk mendukung pencegahan penyebaran pandemi covid-19, dengan perilaku hidup bersih. Selain itu, Perlu mendorong masyarakat untuk stop BAB sembarangan karena sampai tahun 2020, Kab. Mojokerto masih belum menjadi Kabupaten yang Open Defeacation Free (ODF).” tegasnya.

Tidak hanya membangun secara fisik, masyarakat juga diedukasi untuk menjaga sekaligus memelihara fasilitas MCW dengan memberikan peralatan serta sarana kebersihan. Ke depan mudah-mudahan kerjasama dengan BTPNS masih bisa dilanjutkan dengan program lain seperti rehap masjid /mushollah, pembangunan sentra UMKM serta pembangunan sarana perpustakaan.


Sudah dibaca : 141 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.