close

HOME // Agenda

Akhir Mei, PCNU Turki Agendakan Konfercab

   Pada: Februari 14, 2020

Akhir Mei ini Pengurus Cabang Istimewa Nahdhatul Ulama Turki (PCINU Turki) akan menghelat rangkaian kegiatan. Dimulai tanggal 17 Mei, PCI NU Turki mengagendakan Konferensi Cabang (Konfercab). Agenda utama konfercab tersebut adalah laporan pertanggungjawaban pengurus PCI NU Turki periode 2012-2014, kemudian disambung pergantian kepengurusan untuk periode 2014-2016.
Pada hari itu juga akan dilaksanakan koordinasi pengurus PCINU luar negeri yang dihadiri perwakilan PCINU Turki, Jerman, Prancis, Mesir, Arab Saudi, Maroko, Suriah, dan Sudan yang tergabung dalam NU Dunia. Puncak kegiatan adalah Konferensi Internasional yang bertema “Reinventing Islamic Tradition In Indonesia and Turkey : Historical Roots, Present Status and Future Projections” bertujuan menemukan kembali Tradisi Islam dalam Interkonektivitas Global di Abad ke -21.
“Mega konferensi pertama yang diselenggarakan oleh PCINU Turki ini bertujuan menjembatani muslim Indonesia dan Turki untuk memperkuat ikatan budaya di masa depan dalam rangka menyambut dinamika global,” ujar Ketua Steering Committee (SC) kegiatan Mega Konferensi PCINU Turki, Zacky Khoirul Umam.
Rencananya, pada sesi pertama acara akan digelar Ambassador Forum on Indonesian Islam and Democracy oleh Duta Besar RI untuk Aljazair, Ahmad Ni’am Salim dan Duta Besar RI untuk Maroko Tosari Wijaya, yang akan dipandu oleh Arwani Syaerozı (Intelektual Muda NU). Pada Ambassador Forum ini Duta Besar RI untuk Turki Nahari Agustini akan memberikan Keynote Speech dengan tema “Perspektif Tradisi Budaya antara Turki dan Indonesia”.
Akan hadir sebagai pembicara dalam konferensi ini adalah Prof. Dr. Martin van Bruinessen (Islamic Studies, Utrect University), Dr. Syafiq Hasyim ( Islamic Studies, Freie Universitaet Berlin), serta Prof. Dr Sait Özervarlı (Ottoman Intelectual History, Yıldız Technical University), yang akan dipandu oleh Dr. Altay Altı dari (Center for Asian Studies, Boğazici University). Rangkaian acara ini ditutup dengan Napak Tilas dan ziarah makam para sahabat nabi yang ada di Istanbul pada tanggal 19 Mei.


Sudah dibaca : 86 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.