HOME // Pendidikan

Doa Sebelum dan Sesudah Makan

   Pada: Februari 12, 2020
Berdoalah sebelum dan sesudah makan

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar”

Artinya :

“Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami”.

Sebagai manusia, tentunya kita tidak luput dari yang namanya salah dan lupa. Jika kita lupa akan membaca doa sebelum makan maupun minum hendaklah kita juga berdoa. Berikut bacaan doa ketika kita makan tetapi lupa untuk membaca doa.

“Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka”.

 

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

“Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin”

Artinya :

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam”

Doa di atas di baca ketika kita telah selesai makan, ditujukan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah memberi kita makan dan minum dan juga menjadikan kita sebagai orang muslim.

Bacaan doa diatas dibaca ketika kita hendak makan, ditujukan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah memberikan rezeki sehingga kita masih dapat makan, dan juga mencegah setan yang hendak mengganggu saat kita sedang makan.

SUMBER : Yuksinau

 

 


Sudah dibaca : 239 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.