Sulami S.Pd.I, Alumni Pondok Pesantren Darut Taqwa Ngembeh

Pesantren Darut Taqwa-Ngembeh yang diasuh oleh KH. Mansur Bahruddin telah banyak mengeluarkan alumni-alumni. Banyak diantara para alumni pesantren ini menjadi tokoh tokoh di tengah masyarakat. Salah satu alumni dari Pesantren Darut Taqwa itu adalah Sulami S.Pd.I. Ketua PC. Fatayat Kabupaten Mojokerto.

Sulami menjadi santri Pondok Pesantren Darut Taqwa dari tahun 1999 hingga 2002. Banyak suka dan duka yang dialami,  “Saya dulu sempat tidak krasan disini. Sebab sekolahnya jauh. Disini dulu belum ada sekolahnya. Karenanya saya sekolah di Mambaul Ulum Awang-awang Mojosari. Jauh memang. Tetapi dulu kami dijemput sama bus” tutur perempuan kelahiran tahun 1983 itu.

Karena buah kesabarannya selama tiga tahun mondok dan sekolah itu, Sulami bisa menempuh kuliah di Universitas Majapahit pada tahun 2002 hingga tahun 2006. Sulami juga menamatkan jurusan PGMI-nya di Universitas Sunan Giri Surabaya pada tahun 2013.

“Alhamdulillah saya bisa lulus kuliah di UNIM. Dan juga bisa menamatkan PGMI di UNSURI Surabaya. Kalau di UNSURI itu tuntutan pekerjaan. Saya kan juga guru MI” ujar mantan Sekertaris PC. IPPNU Kab. Mojokerto itu.

Setamat dari dua Univeritas itu, Sulami tidak lupa dengan almamaternya. Ia mengabdikan diri di Pondok ini. Ia pernah tercatat sebagai guru Aswaja di SMK Pondok Pesantren Ngembeh.

“Saya dulu juga ngajar disini. Kira kira dua tahun lebih. Tetapi seiring dengan tugas tugas yang semakin berat, maka saya mengundurkan diri. Tetapi hingga detik ini, saya sering kesini. Sowan ke Yai” lanjut Sulami.

“Saya mau melakukan apapun, tidak pernah bila saya tidak minta restu dari Yai. Saya santri, jadinya apapun keputusan keputusan yang terpenting dalam kehidupan saya, saya selalu konsultasikan dengan Yai. Termasuk saat memutuskan untuk maju menjadi calon wakil rakyat. Dan pondok ini benar benar mbarokahi” ujar perempuan yang juga mencalonkan diri menjadi calon wakil rakyat Provinsi Jawa Timur itu. 

BERITA LAINNYA