LPBI NU bersama relawan lainnya mendirikan Dapur Umum untuk korban Banjir Dawarblandong

Mojokerto - Sekitar pukul 05.30 WIB (26/03) tiba tiba air sungai Lamong yang melintasi Kec. Dawar Blandong, meluap membanjiri rumah warga di beberapa desa. Sontak semua panik. Dan berusaha menyelamatkan dirinya masing masing.

Dari laporan pejabat setempat, banjir menggenangi beberapa desa. Beberapa diantaranya berada di Dusun Balong, Desa Banyulegi, rumah yang terdampak sebanyak 50 rumah. Dengan ketinggian air  antara 30 cm - 1 M. Sedang di Dusun Ngarus,
Warga yang terdampak sekitar 40 KK. Di Dusun Klanting Desa Pulorejo rumah warga terdampak sekitar 7 rumah. Di Dusun Pulorejo, rumah warga yang terdampak sekitar 6 rumah. Dan di Desa Talunbrak, area persawahan dan Jembatan penghubung antara Talun dan Desa yang berada di Wilayah Gresik tidak bisa dilalui karena tergenang air. 

Penyebab banjir, menurut Ubaid anggota LPBI, dikarenakan curah hujan yang sangat tinggi, sehingga Sungai Lamong, tak mampu menahan debit air yang besar.

"Seperti tahun tahun sebelumnya daerah ini memang rawan banjir. Apabila curah hujan tinggi, sungai lamong yang mengitari kecamatan Dawar, tak mampu menampung. Akibatnya air meluap membanjiri desa dikanan kirinya" tutur anggota LPBI itu.

Dari pantauan dilapangan, tampak banjir itu menjadikan banyak rumah rumah warga tergenangi. Area persawahan juga tergenang. Pun jembatan penghubung antar desa juga tergenang dan tidak bisa dilalui. 

Meskipun demikian, para relawan yang telah diterjunkan untuk membantu para warga mengalami kesulitan. Hal ini disebabkan banyak warga yang menolak diungsikan. 

Beberapa catatan dari para relawan yang membantu para korban dengan langkah langkah kongkrit pertolongan pada para korban diantaranya, PMI Kab Mojokerto menyiagakan Team PP dan Ambulance di lokasi kejadian. Relawan PMI Kab Mojokerto juga membantu di Dapur Umum dan membantu distribusi nasi bungkus. BPBD Kab. Mojokerto mendistribusikan makanan siap saji. Tagana Kab. Mojokerto membuka Dapur Umum dengan menggunakan mobil dapur umum. Relawan ISM membantu Dapur umum dan membantu distribusi nasi bungkus. Pun dengan relawan dari LPBI NU membantu Dapur umum dan distribusi logistik.

BERITA LAINNYA