MUSKER PCNU dengan Semangat Ekonomi Mandiri

Dlanggu- Salah satu hal yang menarik dari MUSKER 1 PCNU Kab Mojokerto yang ditempatkan di Wisata Desa Randugeneng-Dlanggu tahun ini adalah adanya semangat dari para pengurus PCNU untuk membangun kemandirian Jamiyah. Hal ini dilatarbelakangi oleh suatu permasalahan, masih banyak warga NU yang masih menjadi konsumen dari berbagai produk pasaran, tanpa mampu menyediakan produk produk sendiri untuk memenuhi kebutuhan warganya. 

Berangkat dari sinilah muncul inisiatif untuk membangun kemandirian Ekonomi warga Nahdliyin, dengan cara melakukan upaya asimilasi dari warga NU yang memiliki usaha mandiri dan tumbuh untuk melakukan pembinaan kepada warga Nahdliyin di sekitar untuk ikut menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi.

Seperti H. Mulyono, beliau adalah salah satu pengurus PCNU Kab Mojokerto yg hari ini memiliki berbagai usaha pertanian dan paket wisata yang saling berkaitan, seperti wisata alam, wisata religi, wisata kuliner dan wisata edukasi yang di kemas dalam Wisata Desa Randugenengan Kec. Dlanggu Kab Mojokerto. Asimilasi yang dilakukan H. Mulyono adalah dengan menggandeng petani kakau lokal yang pembinaan nya dilakukan secara intens, hingga menghasilkan olahan kakau berkwalitas diolah menjadi coklat berbagai varian. 

Pun dengan berdirinya NUSANTARA MART di MWCNU Ngoro Juga menjadi salah satu tumbuhnya gerak kemandirian Ekonomi Nahdliyin. Dengan adanya mini market ini diharapkan mampu menyerap produk rumahan warga NU untuk di disejajarkan dengan produk pabrikan. 

Dari GP. ANSOR juga sudah launching NUtrisi Water, Produk kemasan air mineral yang produksi dan distribusi nya melalu jaringan PAC GP ANSOR hingga ke tingkat ranting dan dusun dusun. 

Disinilah perlunya peran pemerintah menjembatani pertumbuhan Ekonomi Warga NU dengan melakukan pengawasan persaingan usaha, untuk memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi tidak menimbulkan kesenjangan sosial, Ada pemerataan pertumbuhan. pemerintah juga perlu melakukan pembinaan guna memastikan sumberdaya manusia Kab. Mojokerto siap menyambut era milenial. Karenanya statemen dari Wakil Bupati H. Pung Kasiadi untuk membantu menjembatani program-program NU menjadi sangat penting untuk dicatat dan dtindaklanjuti. (Fadlan)

BERITA LAINNYA