Haul Jam’ul Jawami’ Tradisi Ahlusunnah waljamaah yang dirawat oleh Ponpes Darul Hikmah Kedungmaling

Haul Jam'ul Jawami' merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Darul Hikmah, Desa Kedungmaling, Mojokerto. Peringatan Haul Jam'ul Jawami' tahun ini sudah diperingati yang ke - 52. Peringatan Jam’ul Jawami’ ini bertujuan sebagai wujud syukur kepada Allah telah dihadirkan guru-guru yang membimbing para santri sehingga menjadi orang faham terhadap ilmu agama. "Tujuan di adakan acara ini adalah sebagai wujud syukur kita kepada orang tua, guru-guru, dan Auliya' yang telah menuntun dan membimbing kita menuju jalan yang diridhoi Allah" tutur KH. Imam Syafi'i Ashadi.

Acara peringatan Haul Jam'ul Jawami' di Pondok Pesantren Darul Hikmah dihelat selama tiga hari. Sejak hari jum'at  hingga hari minggu rangkaian acara dimulai dari kegiatan khataman Al-qur'an, pembacaan sholawatan oleh ISHARI, pertemuan muslimatan se-kecamatan Sooko, pembacaab tahlilan disambung dengan manaqib, dan diakhiri dengan Tablig Akbar. Tablig Akbar direncanakan dihadiri oleh KH. Khusaini Ilyas, KH. Ahmad Muwafiq, dan KH. Syarofudin Ismail Qoimas. Namun KH. Ahmad Muwafiq  berhalangan hadir pada acara Tabliq Akbar tersebut. Beliau dikabarkan berhalangan hadir disebabkan berbenturan dengan acara Muktamar NU di Sumatra.

"Harapan kami, agar kita selalu menjaga tradisi amaliyah Ahlussunnah Waljama'ah, seperti tahlilan, manaqiban, dan tradisi-trdadisi yang di ajarkan oleh Walisongo" imbuh KH. Imam Syafi'i Ashadi yang juga dzurriyah Mbah Yai Ismail Ibrahim.

Ditengah banjirnya jamaah yang mengkuti Tablig Akbar, masyarakat disekitar memanfaatkan momen tersebut dengan menggelar pasar dadakan dan mendirikan stand-stand jualan. Terlihat suasana ramai dengan hiruk pikuk pembeli yang menawar pada produk produk yang dipasarkan. Hingga jalan menuju lokasi sangat padat. Terlihat para jamaah yang hadir bukan dari kalangan santri saja, atau alumni tetapi juga wali santri dan masyarakat sekitar yang ikut ngalap barokah dari peringatan haul para Kyai-Kyai Pondok Pesantren Darul Hikmah ini. (Lutvi)

BERITA LAINNYA