Pagar Nusa, Pagarnya Bangsa

Dunia seni bela diri bukanlah hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari estafet perguruan bela diri yang terus menjamur dari tahun ke tahun. Pagar Nusa, sebagai perguruan pencak silat yang telah resmi menjadi Banom NU, mendapat sambutan hangat di banyak elemen. Banyak para pemuda yang bergabung dengan perguruan pencak silat yang didirikan oleh KH. Maksum ini. Anggota terus menerus membludak. Pun halnya dengan Pagar Nusa Mojokerto. Menurut Nanang selaku wakil ketua PC. Pagar Nusa Kabupatan Mojokerto, saat ini di Kabuputen Mojokerto sudah mempunyai kurang lebih 7.000 kader, yang kebanyakan berada di pesantren dan beberapa ranting di tingkat umum.

Nanang menegaskan, bahwa tujuan utama dari didirikannya Pagar Nusa adalah menjaga NKRI dan para kyai Ahlusunnah Wal Jama'ah. Karenanya Pagar Nusa terus berbenah menguatkan diri. Dan menguatkan kader kader terbaiknya. Salah satu kader terbaik yang ditunjukkan adalah kader kader yang melakukan atraksi dalam acara “Doa dan santunan 1000 anak Yatim”.

Dalam acara tersebut, pendekar pagar nusa menampilkan tiga macam gerakan yaitu gerakan salam pagar nusa, gerakan penghormatan, dan gerakan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Penonton pun berantusias meyaksikan penampilan mereka.

"Paga Nusa juga menanamkan kecintaan terhadap NKRI, NU, dan berpegang teguh kepada kebenaran" imbuh Nanang percaya diri. (Lutfi)

BERITA LAINNYA