GP Ansor Ranting Medali Gelar Ngaji  Kilatan

MOJOKERTO –Tak ingin kalah dengan santri yang ada di pondok pesantren saat mengisi kegiatan di bulan ramadan, pengurus Gerakan Pemuda Ansor ranting Medali menggelar ngaji kilatan kitab safinatunnaja. Bedanya, ngaji kilatan yang digelar tiap pukul 21.30 ini dilaksanakan dalam suasana santai.

Bertempat di rumah sahabat Ahmad Ghozali, ketua ranting Ansor Desa Medali, Kecamatan Puri, ngaji kilatan yang dikemas santai ini seketika muncul pada awal ramadan lalu. “Memang ada yang usul ada kegiatan saat ramadan. Akhirnya disepakati ngaji fiqih dasar dulu,” terang Ghozali.

Dengan mengaji fiqih dasar, imbuh Ghozali, bisa semakin menambah pengetahuan tentang tata cara rutinitas beribadah yang dilakukan sehari-hari, seperti shalat, wudlu serta bersuci lainnya. Karena di dalam kitab safinatunnaja tersebut menerangkan hal-ikhwal yang berkaitan dengan ibadah maupun perilaku keseharian.

Meski berjudul ngaji kilatan, kata Ghozali yang juga pengusaha sepatu asli Desa Medali ini, suasana pengajian berlangsung santai. Peserta pengajian bisa santai sambil menikmati kopi dan gorengan yang dihidangkan. Sehingga para peserta pengajian ini pun gayeng dan tidak kaku. “Apalagi Gus Zainal Abidin yang mengasuh ngaji kilatan ini orangnya juga mengerti anak muda,” pungkasnya. (Ara)

BERITA LAINNYA