DTD Jadi Momentum Kebangkitan GP Ansor di Kota Mojokerto

MOJOKERTO – Hirrah Hari Lahir (Harlah) Ke-94 Nahdlatul Ulama (NU) kental terasa di se-antero Nusantara. Tidak terkecuali di Kabupaten dan Kota Mojokerto.

Saat Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Mojokerto tengah menyiapkan rangkaian Harlah organisasi keagamaan terbesar di Indonesia ini, di Kota Mojokerto pun menapaki hal yang sama.

Namun, kali ini dikemas dengan acara berbeda. Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Mojokerto justru menggelar program Pendidikan dan Pelatihan Terpadu Dasar (DTD) atau Diklatsar.

Acara untuk menggembleng kader GP Ansor dan Banser selama tiga hari ini sekaligus menandai kebangkitan kembali gerakan pemuda dan benteng ulama di Kota Onde-Onde.

Setelah sebelumnya hampir dua periode berjalan, organisasi kepemudaan NU di bawah naungan H. Junaedi Malik ini seolah mati suri. Acara yang diikuti kader dari tingkat ranting dan PAC itu dihelat di dua tempat terpisah.

Pertama, di Aula PC NU Kota Mojokerto, di Jalan Raya Perum CSE Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon. Dalam kesempatan ini, hadir pula tokoh NU dan kepemudaan, serta Wali Kota KH Mas’ud Yunus.

Orang nomor satu yang kini ditokohkan di kalangan Nahdliyin Mojokerto itu sekaligus bertindak memberangkatan peserta menuju lokasi DTD kedua. Yakni, di Hotel Majapahit Agro Lestari Pacet.

Selama pembukaan berlangsung, disamping menyampaikan materi keaswajaan, panitia juga menyematkan seragam Banser kepada Kiai Mas’ud Yunus sebagai anggota kehormatan. ”Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari. Mulai tanggal 26 sampai 28 Maret,” ujar Ketua PC GP Ansor Kota Mojokerto, Junaedi Malik.

Ada banyak materi yang disajikan kepada para peserta. Meliputi, wawasan ke-Indonesia-an dan kebangsaan, ilmu ke-aswaja-an dan ke-NU-an, ke-Ansor-an dan ke-Banser-an, pengaturan lalu lintas, hingga PPGD (pertolongan pertama gawat darurat).

”Diharapkan, dengan pelaksanaan diklat ini, menjadi tanda bangkitnya kembali GP Ansor di Kota Mojokerto,” pungkas Junaedi juga anggota DPRD Kota Mojokerto ini. (aka)

 

BERITA LAINNYA