MCC Bentuk Kemandirian Siswa Nahdlatul Ulama

MOJOKERTO - Sebanyak 40 lembaga pendidikan dasar tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Mojokerto mengikuti kegiatan perkemahan Pramuka di halaman Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Mojokerto.

Acara ini berlangsung selama 3 hari, mulai 26-28 Maret. Event perkemahan yang diselenggarakan Ma'arif Creative Camp (MCC) atau lembaga di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma'arif NU tersebut tidak merta berkemah saja.

Namun, juga sebagai pembentukan kaderasi peserta, agar mereka saling bekerja sama, kreatif, mandiri, bertanggung jawab, peduli, dan mengamalkan bakti ilmunya. Agus Basuki, ketua pelaksana kegiatan mengatakan, program satuan komunitas Pramuka pendidikan Ma’arif NU ini memiliki tujuan untuk mencapai satu upaya peningkatan siswa.

Sekaligus, mengukur kualitas pendidikan Pramuka penggalang. ”Setidaknya, setiap peserta bisa memberikan yang terbaik,” ujar kepada NU Mojokerto Online. Beragam acara pun disuguhkan kepada peserta untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka.

Di antaranya, budaya, keterampilan kepramukaan, bahkan mereka diajarkan bersikap ahlusunnah wal jamaah (aswaja) melalui pembentukan mental, spiritual, dan patriotisme. Antusias peserta selalu ditampakkan. Kendatipun, di hari pertama, perkemahan mereka tergenang hujan yang mengguyur dalam dua hari terakhir.  

Namun, hal itu tak lantas menyurutkan semangat belajar kemandirian para siswa. ”Saya sangat senang sekali, karena saya bisa belajar mandiri dan kreatif,” ucap Arya Antoro salah satu peserta asal MI Miftaqul Hidayah. Ke depan, kegiatan yang menanamkan kemandirian ini akan terus dikembangkan MCC. (zan/aka)

 

BERITA LAINNYA