PC NU Rekam Data Kartanu Kerja Sama dengan Bank Mandiri

MOJOKERTO – Bertempat di aula PC NU Kabupaten Mojokerto, puluhan pengurus cabang, pengurus lembaga, dan MWC NU mengikuti perekaman data diri yang akan digunakan sebagai kartu tanda anggota Nahdlatul Ulama (Kartanu), Rabu (11/01).

Perekaman data Kartanu yang dilakukan tim dari Bank Mandiri Cabang Mojokerto dibatasi, karena masih dalam tahap percontohan. Ketua Tanfidziyah PC NU Kabupaten Mojokerto, KH Syihabul Irfan Arief mengatakan, program Kartanu baru ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang telah dilakukan antara pengurus PB NU bersama Bank Mandiri Pusat.

“Ini sebagai ikhtiar agar NU baik secara nasional maupun di masing-masing daerah mempunyai database yang jelas,” jelas Gus Fan, sapaan akrab ketua PC NU ini. Dengan adanya kartanu yang terintegrasi ini, lanjut Gus Fan, NU akan mempunyai gambaran utuh tentang anggotanya. Hal ini terkait erat dengan program dan strategi yang akan dilakukan NU agar sesuai dengan warganya.

Untuk tahap pertama saat ini, prioritas memang masih sebatas pengurus NU. Secara bertahap, Kartanu ini akan juga menyasar seluruh anggota NU yang ada di pelosok-pelosok desa.

Untuk bisa mendapatkan Kartanu ini, tambah Gus Fan, warga NU harus membayar sebesar Rp. 20 ribu serta mendapatkan rekomendasi dari PCNU. Setelah terdaftar warga NU akan mendapatkan Kartanu yang sekaligus bisa berfungsi sebagai kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang bisa dipakai untuk transaksi perbankan.

“Misalnya ingin membayar Rp. 500 ribu juga dipersilakan jika ingin mendapatkan fasilitas lebih dari kartu ATM yang akan diterima,” imbuhnya. Seluruh uang yang dibayarkan untuk Kartanu tersebut, tidak akan hangus dan otomatis akan masuk ke dalam nomor rekening Bank Mandiri yang akan dimiliki oleh masing-masing warga NU.

Berdasarkan informasi dari pihak Bank Mandiri, terhitung 14 hari sejak perekaman data tersebut, Kartanu telah selesai dicetak dan akan langsung dibagikan melalui PCNU. Selanjutnya akan dibuka lagi pendaftaran untuk Kartanu tahap selanjutnya. (jan/ ara)

BERITA LAINNYA