Guru Madrasah Dibekali Ilmu Jurnalistik

MOJOKERTO – Meningkatnya kebutuhan informasi dan pemberitaan tentang dunia pendidikan, mendorong dewan guru MI Nurul Huda 2, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto menggelar pelatihan jurnalistik. Sabtu (10/12).

Pelatihan selama sehari ini dipusatkan di musala sekolah dengan diikuti dewan guru, karyawan, TU, tukang kebun, satpam, dan kepala sekolah. ”Saya merasa senang mengikuti kegiatan ini, karena mendapat ilmu baru tentang ilmu jurnalistik,” kata Hj. Maidah, salah satu peserta juga guru kelas 1.

Meski memasuki materi kedua, para peserta ini tetap menunjukkan antusiasme dan semangat mendalami ilmu tentang menulis berita. Dari mulai mempraktikkan teknik wawancara, mengolah berita, membuat lead, menentukan sudut pandang, hingga tata cara bahasa. 

Untuk mengingat materi yang dijelaskan narasumber, peserta juga membawa bekal buku tulis dan laptop. ”Alhamdulillah, dengan pelatihan jurnalistik ini kami mendapat pengalaman baru bagaimana sih menulis berita itu?,” ujar Anik, guru kelas IV merangkap bendahara sekolah.

Dalam pelatihan ini, sekolah mendatangkan dua orang narasumber, yakni jurnalis Kompas TV, Syafiuddin, dan redaktur pelaksana (redpel) Jawa Pos Radar Mojokerto, Moch Chariris.

”Ke depan, saya berharap para guru nanti mampu membuat karya tulis sesuai kaidah jurnalisik dengan baik dan benar,” tambah  Misbakhul Umam, Kasek MI Nurul Huda 2.  (tim NH2 /onum)

 

 

BERITA LAINNYA