Banser Jadi Garda Terdepan Amankan Natal dan Tahun Baru

MOJOKERTO - Menjelang hari Natal dan Tahun Baru 2017, Banser (Barisan Ansor Serbaguna) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Mojokerto menyatakan siap untuk mengamankan gereja dan tempat ibadah lainnya. Bergabung bersama TNI dan Polri.

baca: Benteng Ulama yang Tulus Jalankan Misi Toleransi

”Kami akan menyiapkan 1.400 personel anggota,” kata Samsul Muarifin, Komandan Banser Kabupaten Mojokerto, kepada Online NU Mojokerto. Menurutnya, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, setiap tahunnya pasukan sebagai benteng ulama ini selalu terlibat dalam pengamanan gereja-gereja.

Baik di wilayah Kabupaten maupun Kota Mojokerto. Selain menjaga toleransi umat beragama, ini sekaligus untuk mengawal keutuhan NKRI. ”Nantinya sahabat-sahabat Banser akan kita turunkan sesuai yang dibutuhkan. Sebab setiap wilayah berbeda-beda,” tandasnya.

Kebutuhan anggota sebagai garda terdepan ulama ini sudah disampaikan kepada masing masing koordinator. Mulai dari tingkar PAC (Pengurus Anak Cabang) hingga ranting di tingkat desa.

”Dari 25 gereja di kabupaten akan dijaga oleh lima personel Banser,” tandasnya. Namun, tidak menutup kemugkinan jika terjadi ada indikasi kerusuhan, Banser siap dikerahkan dengan kekuatan penuh, yakni sebanyak 1.400 anggota.

Untuk membantu tim keamanan, dalam hal ini pihak kepolisian dan TNI. ”Semangat kami adalah menjaga kedamaian, persaudaraan, toleransi, dan persatuan bangsa. Karena NKRI adalah harga mati,” paparnya. (aka/onum)

 

 

BERITA LAINNYA