Talbiyah Menggema Dalam Stadion Sepak Bola

Labbaik Allahumma Labbaik…

Labbaik Kala Syarika Laka Labbaik…

Innaal Hamda Wa an ni'mata Laka Waal Mulk…

La Syarika Laka…

MOJOKERTO - Lantunan kalimat talbiyah ini menggema di setiap sudut Stadion Gajah Mada Mojosari, Kabupaten Mojokerto dalam bingkai festival peragaan manasik haji TK/RA Muslimat NU se-Kabupaten Mojokerto, Minggu (4/12).

”Siswa dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji sejak dini. Misalnya, rukun, syarat, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak diperbolehkan selama menunaikan ibadah haji,” terang Nurul Husnah, S.Pdi, ketua panitia penyelanggara kepada Online NU Mojokerto, di lokasi.

Manasik haji diikuti 3.028 siswa terdiri dari 78 lembaga RA/TK se-Kabupaten Mojokerto ini, bertujuan untuk menanamkan sekaligus menumbuhkan keimanan dan ketakwaan terhadap peserta sejak dini. 

Nurul mengatakan, peragaan rukun Islam kelima tersebut juga dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H. Melalui pengenalan teori dan praktik haji layaknya haji sesungguhnya.

Setidaknya, itu terlihat dari masing-masing peserta yang mengenakan baju ihram dengan mengitari miniatur Kakbah di tengah lapangan sepak bola. Dan dengan terus melantunkan kalimat-kalimat talbiyah.  

”Mereka juga kita ajak mempraktikkan tawaf, sai, wukuf, hingga lempar jumrah di Jamarat,” papar Nurul. Diharapkan, dari peragaan manasik ini dapat memberi pemahaman, baik kepada siswa maupun orang tua.

Sebab, dalam kesempatan itu para wali murid turut menyaksikan buah hatinya memperagakan manasik haji. ”Pendidikan ini sangat penting bagi orang tua anak. Maka, oleh sebab itu pendidikan tentang haji harus ditanamkan sejak dini,” pungkas Nurul. (zan/aka)

 

BERITA LAINNYA