Membangun Pendidikan Berkarakter lewat Sajian Musikalisasi

MOJOKERTO – Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke-71 nyatanya tak hanya digelar dengan cara sakral. Namun juga dengan cara unik dan berbeda tapi tak meninggalkan esensi pendidikan. Seperti yang dilakoni sejumlah guru MI Nurul Huda II, Surodinawan, Prajurit Kulon, Kota Mojokerto di sela-sela jam belajar aktif.

baca: Siswa Dibacakan Puisi, Guru Jadi Petugas Upacara

Meski sudah terbiasa menghadapi tingkah polah siswa di depan kelas setiap harinya, bukan berarti mereka terbiasa menyampaikan aspirasi lewat bakat terpendam yang jarang diungkapkan. Macam bermain musikalisasi, puisi, pantun cinta untuk guru, hingga bernyanyi hymne guru bersama menjadi cara asyik. Hingga acara yang dikemas dalam suasana gayeng ini memberikan efek positif demi perkembangan dunia pendidikan di Kota Mojokerto.

Kepala Sekolah MI Nurul Huda II, Misbakhul Umam mengatakan, peringatan HGN kali ini sengaja dikemas khusus bagi para guru agar mengerti tupoksinya dalam mendidik. Pasalnya, teknologi yang semakin maju perlahan justru menjauhkan cara belajar mengajar dari psikologi guru dengan siswa. Hingga siswa kini minim sentuhan moral dan akhlak akibat jauh dari hubungan psikologi.

’’Seyogianya teknologi diminamalisir agar hubungan guru dengan anak didik berjalan beriringan,’’ katanya pada Jumat (25/11). ”Karenanya di HGN ini kami (guru) ingin mengajak siswa mengenal pendidikan yang lebih berkarakter. Bagaimana siswa menghormati guru dan sebaliknya. Mencintai guru sama artinya mencintai pendidikan,” imbuhnya. (run/aka)

 

 

 

BERITA LAINNYA