Indahnya Lantunan Surat Albaqarah saat Dibacakan Santri Ini

MOJOKERTO - Ribuan santri bersama warga nahdliyin menghadiri puncak Hari Santri Nasional (HSN) di halaman PC NU Kabupaten Mojokerto, Selasa (22/10). Acara dikemas Apel Bersama tersebut juga dihadiri kalangan pengasuh pondok pesantren, kiai, ulama dan pengurus PC NU.

baca: Minta Nahdliyin Waspadai Kelompok Radikal Mengatasnamakan Islam

Meski di bawah terik matahari, HSN bertema Merajut Kebhinekaan dan Kedaulatan Indonesia, para santri maupun peserta apel tetap mengikuti dengan rasa khidmat. Bertindak sebagai pembina apel adalah Ketua MUI Kabupaten Mojokerto KH Mashul Ismail.

Ada banyak keunikan. Selain mengenakan peci dan bersarung, peserta juga melantunkan salawat serta pembacaan ayat suci Alquran. Hal ini tentu berbeda dengan apel-apel pada umumnya. Baik yang biasa dilakukan dalam institusi pemerintahan, swasta maupun peringatan hari besar lain.

Ayat-ayat suci itu dibacakan Khifyatul Karomah, santri Ponpes Nahdliyah, Desa/Kecamatan Sooko. Santri berusia belasan tahun ini melantunkan surat Albaqarah. Sebagai kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW, peserta apel juga membacakan salawat nabi bersama yang dipimpin grup Ishari PC NU.

”Di tengah-tengah apel ini kami juga membacakan teks Pancasila, Ikrar Santri dan teks Resolusi Jihad. Ini sebagai bentuk kecintaan kita terhadap NKRI dan menjaga kedaulatan Indonesia,” ujar Ketua Panitia HSN 2016 PC NU Kabupaten Mojokerto, H Sobirin. ”Dan tentunya, selalu taat kepada alim ulama, para kiai para pejuang kemerdekaan,” tambahnya. (aka)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BERITA LAINNYA