Mengenal 3 Jenis Pola Wajah Teridentifikasi Melasma

ADA tiga jenis pola wajah yang telah diidentifikasi dalam melasma, termasuk sentrofasial (tengah wajah), malar (tulang pipi), dan mandibula (tulang rahang). 

Pola sentrofasial adalah bentuk yang paling sering dijumpai dari melasma dan termasuk dahi, pipi, bibir atas, hidung, dan dagu. Pola malar meliputi pipi atas. 

Pola mandibula adalah khusus untuk rahang. Sisi atas leher mungkin kurang umum terlibat melasma. 

“Melasma dapat terjadi pada bagian tubuh lainnya, seperti lengan, namun kejadian ini sangat jarang terjadi,” kata dr Noviana Indrawati, yang bertugas di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya.
 
Sementara itu, ada empat jenis pola pigmentasi pada melasma, yaitu epidermis, dermis, campuran dan jenis yang tidak disebutkan namanya, yang ditemukan pada individu yang gelap-langsat.

Jenis epidermal diidentifikasi dengan adanya kelebihan melanin di lapisan permukaan kulit. 

Dermal melasma dibedakan oleh adanya melanophages (sel-sel yang menelan melanin) di seluruh dermis. Jenis campuran, meliputi baik epidermal dan dermal.

Pada tipe keempat kelebihan melanosit yang ada dalam kulit individu yang gelap. 

“Karena penyebab dan polanya yang berbeda-beda, antara satu orang dengan yang lainnya juga berbeda. Maka perlu tahu kondisi yang seperti apa yang terjadi pada Anda. Dan lebih baiknya berkonsultasi dengan dokter,” tegasnya. (opi)

BERITA LAINNYA