Mengenal Melasma, Gangguan Kulit yang Banyak Diderita Wanita

MELASMA atau kloasma lebih familiar kita sebut sebagai flek. Kalau muncul di wajah bisa membuat perempuan tidak percaya diri dan stres. Kabar buruknya, ternyata penyakit kulit ini lebih sering diderita perempuan daripada laki-laki.

Melasma adalah salah satu dari penyakit kulit yang berupa bercak kehitaman atau kecoklatan pada wajah. 

Dokter Noviana Indrawati, yang bertugas di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya menuturkan, melasma umumnya timbul pada usia dewasa. Antara 30 hingga 44 tahun. 

Di Indonesia, perbandingan kasus melisma pada wanita dengan pria adalah 24 : 1. 

“Penyebab melasma masih belum diketahui secara pasti. Tetapi, timbulnya melasma dapat disebabkan oleh perubahan hormon saat hamil, minum pil KB, bahan-bahan kosmetik atau obat-obatan tertentu, keturunan, dan sinar matahari (radiasi ultra violet, Red),” urai Noviana.

Sinar matahari di samping menyebabkan melasma, lanjutnya,  juga mempercepat proses penuaan kulit, berupa kulit kering serta keriput.

Menurut para ahli, paparan sinar matahari yang tidak terkontrol dianggap sebagai penyebab utama melasma, terutama pada seseorang dengan kecenderungan genetik untuk kondisi ini. 

“Sebaiknya kalau siang hari, wajah dihindarkan dari paparan langsung matahari. Bisa pakai payung atau topi,” jelasnya. (opi/jpg)

BERITA LAINNYA