Mayesti Lendra, Pilih Yoga karena Bikin Sehat Jiwa dan Raga

BAGI sebagian orang, mungkin melakukan aktivitas fisik atau olahraga tujuannya adalah kesehatan fisik mereka. Agar lebih sehat, bugar, membakar lemak dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tapi, tidak demikian dengan Mayesti Lendra. Ia menjadikan olahraga bukan hanya untuk kesehatan raganya saja. Tetapi, juga jiwanya. 

Oleh karena itu, jenis olahraga yang dipilih wanita yang akrab disapa Yesti ini adalah yoga. Karena selain dapat membuat raganya lebih sehat, yoga juga dapat menenangkan jiwanya melalui.

“Selain melakukan olah fisik dan pernapasan, biasanya juga melakukan meditasi atau menenangkan pikiran dan jiwa. Dengan begitu setelah berolah raga bukan hanya fisik saja yang segar, tetapi juga jiwa,” ujar instruktur yoga dan pilates ini. 

Sejak pertama kali mendalami yoga di Eropa dan memilih untuk menjadi instruktur, Yesti memang sudah jatuh cinta dengan olahraga asal India tersebut. Hingga akhirnya sampai saat ini dirinya terus menekuninya dan merasakan banyak manfaatnya. 

Menurut Yesti, yoga memberi beragam manfaat, baik itu fisik atau psikis. Secara fisik bisa melangsingkan atau mengecilkan perut, menambah stamina dan vitalitas.

Secara psikis, yoga  mampu memberikan ketenangan pikiran. Itu semua bisa dicapai melalui gerakan, pose atau asana, teknik pernafasan maupun meditasi.

“Bagi saya, yoga itu olahraga yang komplit dan cocok bagi siapa saja. Dimana saja bisa dilakukan dan tidak butuh banyak alat,” terang wanita asli Surabaya ini. 

Setelah menjadi instruktur, hampir setiap hari Yesti melakukan yoga. Dia sangat menikmatinya, karena selain bekerja dirinya juga berolah raga. 

Sehingga dirinya tidak bingung-bingung mencari celah waktu untuk berolah raga di antara kesibukannya. 

Yoga dianggap Yesti juga menjadi obat yang tepat saat dirinya stres, emosi, dan banyak pikiran. Dengan bermeditasi menenangkan diri selama beberapa waktu, pikirannya segar kembali dan semangat positif dia rasakan.

“Beberapa jenis olahraga mungkin memiliki tingkat stressor  atau pemicu stres yang tinggi. Namun, yoga justru menghilangkan stres dan membuat tenang,” imbuhnya.

Selain olahraga, Yesti juga melengkapi hidup sehatnya dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Dirinya menerapkan pola hidup yang dianggap dapat menyelamatkan masa depan atau hari tuanya.

Yaitu menjaga kesehatannya saat ini untuk tetap sehat dan terhindar dari penyakit sampai nanti.

“Kesehatan itu kaitannya dengan kesadaran, bukan paksaan. Jadi, sesuatu yang yang dipaksakan tentu hasilnya tidak sebaik yang dilakukan secara sadar,” pungkas perempuan cantik itu. (nur/opi) 

BERITA LAINNYA