Begini Cara Wabup Sidoarjo Peringati Hari Bumi Bareng Warga

Banyak cara untuk memperingati Hari Bumi. Sebanyak 40 aktivis lingkungan yang tergabung dalam Komunitas Hijau Sidoarjo mengadakan kegiatan menanam pohon di halaman SMAN 2 Sidoarjo.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Bahrul Amig, serta ratusan pelajar SMA.

Anak-anak muda ini ramai-ramai menanam ratusan bibit tanaman seperti sirsak, jeruk, dan jambu.

Sekretaris Komunitas Hijau Nurul Hidayah mengatakan, momentum Hari Bumi kemarin bisa menjadi gerakan untuk menumbuhkan kembali organisasi pecinta alam di sekolah-sekolah.

Para pencinta alam tidak hanya sekadar melakukan aktivitas petualangan seperti mendaki berbagai gunung, tapi juga banyak menanam pohon di lingkungan sekitar.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan, lingkungan hidup merupakan tanggung jawab semua warga. Cak Nur, sapaan akrabnya, juga mengajak generasi muda untuk selalu peduli dan menjaga kelestarian lingkungan.

“Kembangkan terus gerakan adiwiyata di sekolah,” tegasnya.

Cak Nur mengingatkan, kerusakan lingkungan tidak lain disebabkan oleh ulah tangan manusia itu sendiri. Karena itu, sikap menjaga dan peduli terhadap alam amat diperlukan.

“Agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat yang dapat dinikmati oleh generasi mendatang,” ujar wabup asal Waru ini. (ros/rek)

BERITA LAINNYA